Jumat, 20 Desember 2019

Fungsi Tari Topeng Panji


Fungsi Tari Topeng Panji


Adapun tari topeng panji ini digunakan untuk menghadirkan kekuatan semesta –  semesta yang paradoksal. Dengan tarian ini sobat, maka asas –  asas paradoksal tersebut kelaki –  lakian dan keperempuanan akan dihadirkan. Selain itu sobat, dewa pencipta itu sendiri akan hadir lewat mitos dan juga lambing panji ini.
Panji tersebut adalah paradoks itu sendiri. Ia sendiri bersifat laki laki dan juga bersifat perempuan bak seperti matahari dan juga bulan. Ia juga digambarkan seperti siang dan malam, langit dan tanah, ia juga kasar dan halus, ia juga nampak dan tidak nampak, ia hidup dan mati, ia masa lampau dan masa datang, waktu dan ruang sendiri adalah paradoks dalam diri dewa ini.
Oleh karena itulah sobat, cerita topeng Panji ini masih dinaggap mistis hingga sekarang ini. Gerakan tari topeng panji ini cenderung pelan dan lembut dan lebih banyak diam. Hal ini bertujuan untuk roh yang diundang agar masuk ke penarinya.
Itulah ulasan mengenai tari topeng panji yang bisa penulis share pada postingan kali ini ya sobat. Semoga membawa banyak manfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di lain kesempatan dan salam hangat selalu dari penulis.


0 komentar:

Posting Komentar