Kamis, 02 Januari 2020

Wow..Sanggar Sekar Pandan akan Pecahkan Rekor ORI


CIREBON-Kesenian tradisional Kota Cirebon terkenal memiliki keunikan dan keunggulan dibandingkan dengan daerah lainnya. Hanya diperlukan pengenalan dan promosi agar kesenian tersebut mendapatkan apresiasi berupa kunjungan wisatawan.
Atas hal itu, hari ini di Halaman Keraton Kacirebonan, Sanggar Sekar Pandan akan menggelar pemecahan rekor Original Rekor Indonesia (ORI). Dengan menyajikan Rampak Topeng Samba berkolaborasi dengan Seni Jaran Larad.
Ketua Sanggar Sekar Pandan Elang Heri Komara Hadi mengatakan, sedikitnya 270 penari akan memecah rekor ORI. Dengan Tarian Topeng Samba dan Jaran Larad. Persiapan anak didiknya sudah maksimal, dengan latihan yang rutin sejak enam bulan terakhir. “Pemecahan rekor ORI ini bukan hanya ingin menunjukkan kesenian Cirebonan ke tingkat nasional maupun internasional,” ujarnya kepada Radar Cirebon.
Menurutnya, alasan sanggar yang berdiri Tahun 1992 ini menampilkan Tari Topeng Samba, karena karakter Topeng Samba menggambarkan fase ketika manusia mulai memasuki dunia kanak-kanak. Ini digambarkan dengan gerakan yang luwes, lincah dan lucu.
Gerakan tariannya gesit dan menggambarkan seseorang yang tengah beranjak dewasa. Yang periang, dan penuh suka cita, itulah sebabnya, kata dia, mengapa gerakan tari topeng ini seperti kesusu (terburu-buru), mirip dengan perilaku dan kehidupan seorang anak muda.
Selain tari topeng, sanggar yang diasuhnya juga mengajarkan seni wayang wong, sintren, drama tari, karawitan, gamelan kerenteng dan seni pertunjukan lainnya. “Kami berharap, dengan pemecahan rekor ORI ini, generasi muda akan tertarik ikut belajar seni tradisional Cirebon.  Dan bagi anggota sanggar, akan memotivasi hari lebih bersemangat melestarikannya,” jelasnya.
Plt Kadis DKOKP Kota Cirebon Edi Bagja menambahkan, dengan pemecahan rekor ORI ini diharapkan bisa menarik kita kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon. Karena dengan ini bisa menunjukkan, bahwa kesenian Cirebonan mampu bersaing. (gus)



0 komentar:

Posting Komentar