Kamis, 02 Januari 2020

25 Tahun Sanggar Seni Sekar Pandan, Tampilkan Tari Topeng Medley Lima Wanda



PILARBERITA,KOTA CIREBON – Sanggar Seni Sekarpandan yang berlokasi di lingkungan keraton kacirebonan Cirebon sudah menginjak usianya yang ke 25 tahun sanggar seni sekarpandan mengadakan berbagai rangkaian ulang tahun di tahun 2017 dengan menggelar ark-arakan seni budaya Cirebon serta pagelaran seni tari kreasi Tradisional, Medley tari Topeng lima Wanda serta penampilan Wayang Wong yang dibawakan oleh murid dari sanggar seni sekar pandan Kota Cirebon, Minggu (7/5/2017). Malam
Dalam Prosesi ulang tahun yang di gelar minggu malam kemaren, di alun-alun keraton kacirebonan Cirebon yang dihadiri Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat beserta Istri serta dihadiri dari pihak Disporbudpar kota Cirebon dan Seniman Budayawan Cirebon.
Sultan Kacirebonan IX Pangeran Raja Abdul Gani Natadiningrat mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi adanya sanggar seni sekarpandan ini yang mana sudah melestarikan dan mengembangkan seni budaya Cirebon, untuk itu pihaknya sangat mengapresiasi adanya sanggar seni sekar pandan ini.
Sementara itu pimpinan Sanggar Sekar Pandan Elang Heri Komalahadi mengatakan Sanggar Seni Sekar Pandan adalah sebuah Sanggar yang berlokasi di Kompleks Keraton Kacirebonan, di jalan Pulasaren Kota Cirebon. Sanggar Seni Sekar Pandan berdiri pada tahun 1992, dan di kelola oleh putra putri daerah Keraton Kacirebonan.
Sampai sekarang Sanggar Seni Sekar Pandan telah melatih ratusan anak didik dan juga menjadi pusat pelestarian Seni dan Budaya Cirebon. Sanggar Seni Sekar Pandan juga telah banyak mendidik mahasiswa asing dan seniman-seniman asing dari berbagai negara.
Heri menambahkan Selain membuka kegiatan pelatihan di dalam sanggar, Kami juga mengadakan kerjasama dengan sekolah-sekolah dalam kegiatan pengembangan kesenian tradisional mulai dari tingkat taman Kanak-kanak sampai dengan tingkat Perguruan Tinggi.(Jums)

0 komentar:

Posting Komentar